Guru
merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada proses pembelajaran,
karena guru memegang peranan
yang sangat penting antara lain menyiapkan materi pembelajaran, menyampaikan
materi pembelajaran, serta mengatur semua kegiatan belajar mengajar dalam
proses pembelajaran. Kasyadi
(2014: 1) guru merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan, sebab inti
kegiatan pendidikan di sekolah adalah belajar mengajar yang memerlukan peran
guru di dalamnya memang harus diakui maraknya arus informasi dewasa ini.
Lantaran tanggung jawab dari profesi guru tidak berhenti pada selesai ia
mengajar. Menurut Djamarah (2010: 28) guru adalah orang
yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Penyampaian materi pembelajaran hanyalah
merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses
yang dinamis dalam fase dan proses perkembangan murid.
Menurut Edwinta (2010: 8) guru
adalah profesi yang dikenal sebagai pemberi keterangan, penjelas, pendidik,
pembimbing, menjadi dan pemberi contoh, yang dapat memberi perubahan bagi anak
didik ke arah yang lebih baik dari segala dimensi, yang mampu mengembangkan
beragam sisi kecerdasan dan akhlak sebagai pembentuk karakter dan kepribadian
anak.
Menurut Sutikno (2013: 41) guru
adalah suatu profesi. Sebelum ia bekerja sebagai guru, terlebih dahulu dididik
dalam suatu lembaga pendidikan keguruan. Dalam lembaga pendidikan tersebut ia
bukan hanya belajar ilmu pengetahuan atau bidang studi yang akan belajarkan,
ilmu dan metode membelajarkan, tetapi juga dibina agar memiliki kepribadian
sebagai guru.
Menurut Sardiman (2014: 125), guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam
proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya
manusia yang potensial di bidang pembangunan. Jadi menurut
penulis guru adalah seorang pendidik dan
pengajar yang mempunyai tanggung jawab begitu besar untuk
menjadikan penerus bangsa
yang berakhlak dan dapat memajukan bangsa.
No comments:
Post a Comment