Wednesday, October 10, 2018

Pengertian Guru

Pengertian Guru
     Guru merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada proses pembelajaran, karena guru memegang peranan yang sangat penting antara lain menyiapkan materi pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, serta mengatur semua kegiatan belajar mengajar dalam proses pembelajaran. Kasyadi (2014: 1) guru merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan, sebab inti kegiatan pendidikan di sekolah adalah belajar mengajar yang memerlukan peran guru di dalamnya memang harus diakui maraknya arus informasi dewasa ini. Lantaran tanggung jawab dari profesi guru tidak berhenti pada selesai ia mengajar. Menurut Djamarah (2010: 28) guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Penyampaian materi pembelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam fase dan proses perkembangan murid.
     Menurut Edwinta (2010: 8) guru adalah profesi yang dikenal sebagai pemberi keterangan, penjelas, pendidik, pembimbing, menjadi dan pemberi contoh, yang dapat memberi perubahan bagi anak didik ke arah yang lebih baik dari segala dimensi, yang mampu mengembangkan beragam sisi kecerdasan dan akhlak sebagai pembentuk karakter dan kepribadian anak. 
       Menurut Sutikno (2013: 41) guru adalah suatu profesi. Sebelum ia bekerja sebagai guru, terlebih dahulu dididik dalam suatu lembaga pendidikan keguruan. Dalam lembaga pendidikan tersebut ia bukan hanya belajar ilmu pengetahuan atau bidang studi yang akan belajarkan, ilmu dan metode membelajarkan, tetapi juga dibina agar memiliki kepribadian sebagai guru. 
Menurut Sardiman (2014: 125), guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunanJadi menurut penulis guru adalah seorang pendidik dan pengajar yang mempunyai tanggung jawab begitu besar untuk menjadikan penerus bangsa yang berakhlak dan dapat memajukan bangsa.

No comments:

Post a Comment