Sunday, August 25, 2019

Karakteristik Evaluasi Pembelajaran

Karakteristik Evaluasi Pembelajaran
1)    Evaluasi Pembelajaran
Istilah evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “evaluation”. Evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Jihad, dan Haris (2013:15) menyatakan untuk memperoleh hasil belajar, dilakukan evaluasi atau penilaian yang merupakan tindak lanjut atau carauntuk mengukur tingkat penguasaan siswa. Proses dan hasil evaluasi sangat dipengaruhi oleh beragam pengamatan,latar belakang dan pengalaman praktis evaluator itu sendiri. Sebagaimana dikemukakan Gilbert Sax (dalam Zainal 2014:5) bahwa “evaluation is a process through which a value judgement or decision is made from a variety of observations and from the background and training of the evaluator”. Dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas nilai dan arti dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.
Adapun  karakteristik instrumen evaluasi yang baik menurut (Zainal 2014: 69) adalah:
a)    Valid, artinya suatu instrumen dapat dikatakan valid jika betul-betul mengukur apa yang hendak diukur secara teapt.
b)    Reliabel, artinya suatu instrumen dapat diakatakan reliable atau handal jika iamempunyai hasil yang taat asas (consistent).
c)    Relevan, artinya instrumen yang digunakan harus sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator yang telah ditetapkan.
d)    Representatif, artinya materi instrumen harus betul-betul mewakili seluruh materi yang disampaikan.
e)    Praktis, artinya mudah digunakan.
f)     Deskriminatif, artinya instrumen itu harus disusun sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan perbedaan-perbedaan yang sekecil apapun.
g)    Spesifik, artinya suatu instrumen disusun dan digunakan khusus untuk objek yang dievaluasi.
h)   Proporsional, artinya suatu instrumen harus memiliki tingkat kesulitan yang proporsional antara sulit, sedang, dan mudah. Begitu juga jika menentukan jenis intrumen, baik tes maupun non-tes.

No comments:

Post a Comment