Wednesday, February 6, 2019

Proses analisis data dalam penelitian kualitatif

Proses analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu:
a.       Reduksi Data
Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas, dan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya, dan mencarinya bila diperlukan. Peneliti memilih hal-hal yang didapat dari hasil pengamatan terhadap subjek yang diteliti.
b.    Penyajian Data
Setelah data direduksi, maka langkah selanjutnya adalah mendisplay data. Dengan mendisplay data, makan akan memudahkan untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya melalui hasil pengamatan, yaitu berupa hasil catatan lapangan dan hasil wawancara dalam penelitian. Berdasarkan apa yang telah difahami tersebut. “looking at displays help us to understand what is happening and to do some thing-further analysis or caution on that understanding” Miles and Huberman (dalam Sa’dun, Akbar 2013:95).
c.  Verifikasi Data
   Langkah ke tiga dalam analisis data kualitatif menurut Miles and                   Huberman adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Tetapi apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan kesimpulan yang kredibel. Sedangkan verifikasi data peneliti mengumpulkan data yang ada mengenai penelitian tersebut.Proses Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

No comments:

Post a Comment