Wednesday, February 19, 2020

Pendakian Gunung Selamet via kaliwadas

Pendakian gunung selamet via kaliwadas
Salah satu gunung tertinggi di Jawa tengah yaitu Gunung Selamet dengan ketinggian 3.428 MDPL. Nah kalau untuk jalur-jalur yang biasa didaki bagi para pendaki yang tidak asing lagi via Bambangan, Guci, Baturraden, dan lain-lain. Kali ini saya berbagi cerita untuk via jalur Kaliwadas, tepatnya di daerah Bumiayu kabupaten Brebes.
Untuk jalur ini tidak begitu ekstrem, bisa dibilang santai tapi untuk mendaki gunung apapun harus persiapan fisik yang cukup dan prima. Jalur kaliwadas baru dibuka sekitar bulan Maret 2019. Saya dan dua orang teman saya berangkat pada Juni 2019. Jadi bisa dibilang jalur ini jalur baru dibuka, atau diresmikan.
Akses munuju kejalur ini cukup sulit karena tidak ada angkutan umum dan lumayan jauh untuk sampai ke basecamp pendakian. Jadi disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Jangan salah, pemadangan selama perjalanan sangat mengoyak jiwa untuk segera beradaptasi dengan sekitar .
Kondisi basecamp via kaliwadas rapih dan bersih. Untuk simaksi 10.000/orang. 
Pos dakian sekitar 5 pos, tetapi tidak ada pos 2. Kemungkinan ada hal yang menjadi penghormatan satu sama lain.
Via jalur Kaliwadas sumber air lumayan banyak karena di Pos 3 bisa ditemukan gerojogan air dan toilet mini. Minimal 2-3 tenda dapat didirikan disini, di Pos 3 juga terdapat pertigaan atau bisa disebut titik temu dari pendakian lewat jalur Guci. Sampai di Pos terakhir yaitu pos 5. Kami mendirikan tenda disini, tempatnya tidak begitu luas, hanya sekitar 6-7 tenda saja, karena dari pos 5 ruang filtrasi hutan sudah mulai berkurang untuk menuju ke puncak pendakian. Sampai dipuncak selamet dengan kawah yang membentuk lingkaran, kita bisa melihat bersebrangan dengan jalur pendakian yang lain.

Jadi Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih:

Pos 1-3 = 5 Jam.
Pos 3-4 = 2 Jam.
Pos 4-5 = 2 Jam.
Pos 5-puncak = 4 Jam.
.
.
Jadi, untuk temen-temen pendaki yang mau mendaki gunung selamet yang tidak begitu ramai, bisa mencoba dijalur ini.
Jangan lupa bawa turun sampah mu!

1 comment:

  1. Do you understand there's a 12 word sentence you can say to your crush... that will induce deep feelings of love and impulsive attractiveness for you deep within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, treasure and care for you with all his heart...

    ====> 12 Words Will Trigger A Man's Love Response

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work better than before to do his best at looking after your relationship.

    As a matter of fact, fueling this mighty impulse is so mandatory to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll soon find him open his mind and heart for you in such a way he never experienced before and he will distinguish you as the only woman in the world who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete