Saturday, February 22, 2020

Bapak Revolusi Islam

1. Sayyid Jamaluddin Al-Afghani
Adalah seorang pemimpin yang memandang bahwa bahaya barat. Muiaddid Islam yang sebesar-besarnya yang ditimbulkan Allah SWT untuk membangun kaum Muslimin dari segi percaya kepada kekuatan diri sendiri dan mengorbankan semangat pertentangan kepada keserakan bangsa Barat. Penganjur besar itu, alim besar, filsuf, politikus, dan serdadu. Didalam dirinya mengalir darah keturunan Bani Hasyim dan dilahirkan di tanah tinggi Afghanistan. Tujuan beliau untuk melawan penindasan dan keserakahan dari bangsa Barat adalah melalui jalur politik. Itulah sebabnya beliau mengendari seluruh dunia Islam menanamkan revolusi, revolusi ke luar kepada bangsa penjajah dan revolusi de dalam, terhadap raja-raja timur yang zalim. Awalnya beliau mengembara memperjuangkan agama Islam mulai dari timur lalu mengembara di Eropa. Ditiap-tiap negeri yang telah ditinggalkannya terbit api. Bangsa barat terutama Inggris beranggapan bahwa beliau dipandang amat besar bahayanya, akhirnya beliau diasingkan ke Eropa, lalu beliau bertukar pikiran dengan filsuf Prancis, Ernest Renan. 
2. Syekh Muhammad Abduh
Salah satu murid dari Sayyid Jamaluddin Al-Afghani. Beliau membuat surat kabar al-Urwatul Wutsqa atau semacam artikel yang diterbitkan delapan nomor. Surat kabar itu sangat membangunkan dunia Islam sehingga rasa putus asa menghadapi kekuasaan Barat, kian lama kian hilang. Bangsa barat memandang musuh nomor satu. Apalagi artikel-artikel yang tertulis di dalamnya penuh semangat. Menurut keterangan Sayyid Rasyid Ridha, artikel itu adalah buah pikiran Jamaludin Al-Afghani dan ditulis oleh Syekh Muhammad Abduh. Beliau berdua mempunyai tujuan yang sama dalam Islam. Hanya caranya saja yang berbeda. Jamaluddin Al-Afghani menganggap bahwa untuk memajukan kamu muslimin harus ada gebrakan dan dorongan semangat pengorbanan melalui jalur politik, sedangkan menurut Syekh Muhammad Abduh harus dirubah dari masing-masing individu terutama kaum muslimin, dalam artian jiwa yang diperbaiki.
3. Amir Syakib Arselan.
penulis yang amat masyhur di Suriah. Sebagian ahli pikir yang lain di tanah timur, pengaruhnya yang besar mendatangkan hasad kepada orang lain, sampai ada tukang Jadid yang memburukkan namanya dihadapan Raja Mesir.
4. Sur Sayyid Ahmad Khan.
Perannya dalam ilmu pengetahuan di India, melawan bangsa Barat yang masuk memporak-porandakan kekuasaan Islam. Menurutnya India harus bangkit terutama kaum pemuda, karena India lebih besar dua kali lipat dibandingkan Inggris. Maka dari itu di India dibangun Universitas Islam.


1 comment:

  1. If you're looking to lose fat then you absolutely need to start following this brand new tailor-made keto plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and cooks have united to provide keto meal plans that are effective, convenient, price-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in early 2019, thousands of clients have already transformed their body and health with the benefits a great keto plan can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto plan.

    ReplyDelete