Sunday, November 6, 2016

Rancangan model pembelajaran Gerlach dan Ely. Dr.Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Soal No.2
APLIKASI MODEL GERLACH DAN ELY DALAM PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/I (Ganjil)
Alokasi waktu : 2x35 menit
Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku  bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar : Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
Indikator :
Membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui di lingkungan setempat
Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daratan dan di perairan.
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang         berhubungan dengan kegiatan ekonomi
Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya

Menentukan Isi Pelajaran
Membuat kelompok
Menonton video
Membuat tabel sumber daya alam

Penilaian Kemampuan Awal Siswa
Guru memberikan tanya jawab
Pertanyaan yang ditunjukkan ke siswa tentang materi yang ingin dibahas pada pertemuan mengenai sumber daya alam setempat. Contoh: Apa yang kalian ketahui tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui? Adakah sumber daya alam di kelas dan lingkungan sekitar sekolah. Sebutkan!



Menentukan Teknik dan Strategi
Tahap I. Tanya jawab dan menonton video (1x15 menit), tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui yang ada di dalam kelas dan lingkungan sekitar sekolah.
Tahap II. Pengelompokan (Cooperative Learning) (1x30 menit), guru mengelompokan siswa dengan membentuk 4 kelompok dengan random berdasarkan tingkat kemampuan siswa, membentuk 2 kelompok yaitu membahas sumber daya alam yang berada didaratan dan 2 kelompok membahas sumber daya alam yang berada diperairan agar siswa dapat berdiskusi dengan peserta didik lain.
Tahap III. Persentasi (1x15 menit), dari setiap 4 kelompok tersebut salah satu perwakilan 3 orang dari kelompok berdiri didepan kelas untuk menyampaikan penjelasan dari apa yang mereka sudah diskusikan.
Tahap IV. Diskusi dan review (1x10 menit), memecahkan kesulitan maupun menambahkan materi bersama antara guru dengan peserta didik.

Pengelompokan Belajar
Kelas dibagi ke dalam 4 (empat) kelompok.
Kelompok I : Berdikusi mengenai sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan daratan
Kelompok II : Berdiskusi mengenai sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan perairan
Kelompok III: Berdikusi mengenai sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan daratan
Kelompok IV: Berdikusi mengenai sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan perairan

Menentukan Pembagian Waktu
Jumlah pertemuan untuk materi ini satu kali pertemuan adalah 2x35 menit.

Menentukan Ruang
Seluruh proses pembelajaran berlangsung di dalam satu ruangan kelas. Dengan menampung sebanyak 36 siswa.

Media Pembelajaran
Buku teks: Ilmu Pengetahuan Sosial
Perlengkapan: LCD Proyektor, Laptop, Video pembelajaran.

Evaluasi hasil belajar/Penilaian
Tes : pertanyaan essay sebanyak 10 buah pada setiap kelompok.
Non tes: berbentuk tanya jawab pada masing-masing peserta didik.

Analisis Umpan Balik
Diakhir pelajaran guru mengevaluasi kembali dengan melakukan kegiatan tanya jawab kepada masing-masing peserta didik tentang apa yang sudah mereka pahami pada materi yang sudah dibahas mengenai sumber daya alam serta pemanfaatannya pada kegiatan ekonomi yang berada di lingkungan sekitar yaitu lingkungan perairan dan daratan.
Kegiatan evaluasi tidak hanya semata-mata memebuat soal, tetapi meliputi pengumpulan data mengenai kegiatan proses pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, memonitor proses pembelajaran, serta mengukur tercapai tidaknya hasil belajar para peserta didik.
Evaluasi merupakan proses kegiatan yang menghasilkan laporan untuk kemudian dianalisis serta memperoleh umpan balik berupa informasi yang diberikan sudah tercapai atau belum. Jika tujuan pembelajaran belum tercapai, maka harus dicari kelemahannya dan dilakukan remedial, baik itu pada strategi, pendekatan, teknik, metode, model pembelajarannya maupun peserta didik itu sendiri.


Soal No.3
Metode atau strategi pembelajaran yang digunakan dalam rancangan pembelajaran diatas dengan materi tentang Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan adalah dengan metode Diskusi dan Tanya jawab, dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning. Menggunakan metode diskusi dan strategi cooperative learning dikarenakan agar siswa dapat menghargai pendapat orang lain, dapat bertukar pendapat mengenai topik/masalah tertentu untuk memperoleh pengertian bersama yang lebih jelas, agar siswa dapat saling berinteraksi, menumbukan sikap demokratis, kritis, dan analisis, memupuk rasa kerjasama, membina kemampauan untuk mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik dan benar. Menggunakan metode tanya jawab karena tanya jawab adalah suatu cara untuk menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk pertanyaan dari guru yang harus dijawab oleh siswa atau pertanyaan dari siswa yang harus dijawab oleh guru baik secara lisan maupun tertulis.
Aplikasinya dengan materi Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan dengan menggunakan metode Diskusi, tanya jawab, serta strategi pembelajaran cooperative learning dengan cara guru membentuk kelompok dengan membagi menjadi 4 kelompok, masing-masing dalam kelompok tersebut diberikan 1 materi mengenai pokok bahasan, misalnya kelompok 1 dan 3 membahas tentang sumber daya alam serta pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan daratan, kelompok 2 dan 4 membahas tentang sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan perairan. Didalam proses belajar tersebut tersebut akan terciptanya proses diskusi antar guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, juga akan adanya proses tanya jawab antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik. Tetapi tanya jawab tersebut dilalukan bukan lah hanya tertulis saja, tetapi lisan, karena dalam proses pembelajaran ini guru akan memberikan pertanyaan maupun informasi dalam bentuk tertulis dan lisan.


No comments:

Post a Comment